Saturday, May 22, 2010

Peresmian Posyandu dan Penandatanganan Prasasti





Kamis siang yang sangat terik, mobilku meluncur agak laju menuju daerah Baloi. Hari ini aku akan menghadiri acara peresmian posyandu di kelurahan Lubuk Baja Kota, kecamatan Lubuk Baja.
Sejatinya yang akan meresmikan dan menanda tangani prasasti ini adalah suamiku sendiri yaitu bapak Ir. H. Ria Saptarika, wakil wali kota Batam. Namun di karenakan beliau sedang dinas keluar kota yaitu acara temu Dialog Nasional Menuju Pemanfaatan e-voting untuk Pemilu di Indonesia tahun 2014, maka seperti biasa aku di minta untuk mewakili beliau ke acara itu, dan seperti biasa pula akupun menyanggupinya.

Sungguh luar biasa, sambutan antusias warga serta para tamu undangan begitu hangat dan sangat meriah, padahal saat itu siang sangat terik dan cukup untuk membuat sebagian orang orang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah masing masing sambil menyejukkan diri. Tetapi di kelurahan Lubuk Baja Kota ini, tepatnya di RW 10 suasananya sangat meriah dengan gedung posyandunya yang baru terlihat megah.

Dalam kesempatan ini aku diminta untuk memberikan kata sambutan sekaligus meresmikan dan menandatangani Prasasti Posyandu Anggrek.
Dalam sambutan, aku menyampaikan beberapa hal yang harus diingat dan di laksanakan oleh para kader posyandu, bahwa posyandu adalah pelayanan kesehatan yang paling mendasar.
Dimana kegiatan di posyandu tidak hanya untuk menimbang bayi/balita saja, tetapi memeriksakan tumbuh kembang balita, juga untuk pemeriksaan ibu menyusui, ibu hamil, lansia dan bahkan di samping kegiatan rutin juga bisa di kembangkan PAUD, sehingga keberadaan posyandu sangat representatif, terlebih lagi gedungnya sudah ada.
Dan akupun berpesan kepada warga untuk selalu menjaga dan harus merasa memiliki keberadaan posyandu ini, dengan cara menjaga kebersihan dan menjalankan pola hidup sehat.
Sebab walau bagaimanapun pembangunan posyandu ini adalah swadaya masyarakat,jadi siapa lagi kalo bukan masyarakat yang menjaganya sendiri.
Tak lupa di akhir sambutan aku membacakan beberapa bait pantun sebagai penyemangat.

Hang Tuah Gagah Berani
Rela Berjuang Demi Negeri
Jaga Kesehatan Sejak Dini
Hidup Sehat Lebih Berarti

Tumbuh Lebat Buah Mengkudu
Buah Mengkudu Banyak Khasiatnya
Mari Kita Ke Posyandu
Balita Sehat Dan Ceria


Hadir dalam kesempatan ini, bpk Zainal Abidin,SE selaku wakil ketua II DPRD Kota Batam, bpk Asmin Patros, anggota DPRD Kota Batam, bpk Wisnu, selaku koord.PNPM yang membawahi tiga wilayah/kabupaten untuk daerah Kepri, Koord. BKM bpk Zulfizer, Sekcam, Lurah,Ibu ibu PKK, Kader Posyandu,serta para undangan dan tokoh masyarakat sekitar.

Acara berakhir dengan ramah tamah dan saling maaf memafkan serta foto bersama.Hhmmm...sungguh berkesan.

2 comments:

tini said...

subhanallah, tetep ramah, sederhana dan santun ya bu :)

Suparti Ria Saptarika said...

Hi! mbak Tini, apa kabar?
Salam kenal ya!
semoga kita selalu di berikan kesehatan sehingga bisa beraktifitas dan bersilaturrahim dengan masyarakat.